Kewenangan Kabupaten/Kota dalam Bidang Penanaman Modal

Satu dekade sudah berlalu sejak disahkannya Undang-undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal dan lebih dari satu dekade pengabdian saya di bidang penanaman modal, namun pertanyaan tentang kewenangan daerah masih nyata di lapangan meski hampir tak pernah diucapkan. Maksudnya bagaimana? Tak pernah diucapkan karena tidak ada yang bertanya langsung dengan suara, tetapi nyata di lapangan karena kerap ada yang melayani dan atau mengawasi proyek penanaman modal yang seharusnya bukan kewenangannya. Apa sebenarnya kewenangan kota dan kabupaten dalam mengurusi penanaman modal?

Continue reading “Kewenangan Kabupaten/Kota dalam Bidang Penanaman Modal”

Candu

Semua orang tau beratnya mengatasi kecanduan rokok. Kopi dan alkohol juga begitu. Apalagi narkotika. Ampunlah… sakit, menderita, butuh proses panjang, beratlah pokoknya. Kecanduan seks dan pornografi juga sama. Setiap hari tubuh dan pikiran terbawa ke sana, lalu berakhir pada dosa dan penyakit.

Continue reading “Candu”

Ujang dan Pemberantasan Tikus

Dengan langkah ragu, Ujang menghampiri gudang, tempat dimana ia harus membongkar dan membersihkannya sesuai permintaan Emak. Fiuhh.. berantakan, tumpang tindih, menggunung, tak tau harus mulai darimana.

“Gudang itu sudah menjadi sumber penyakit, Jang!” kata Emak. “Selain debu dan bau, banyak binatang bersarang di sana, terutama tikus. Bisa bawa penyakit. Nah, sekarang bongkar dan bersihkan lantainya. Emak kasi imbalan buat kamu.”

Continue reading “Ujang dan Pemberantasan Tikus”

Investment Review Kota Medan (Juli 2017)

Menjelang berakhirnya bulan Juli, kabar menggembirakan datang dari Fitch Ratings, lembaga pemeringkat internasional yang terkenal “kejam” dalam memberikan penilaian. Fitch mengafirmasi level BBB-/positive outlook atas Sovereign Credit Rating Republik Indonesia yang arti sederhananya adalah bahwa Indonesia berada pada level layak investasi. Beberapa aspek yang menentukan penilaian antara lain beban utang yang relatif rendah, prospek pertumbuhan ekonomi dan eksposur Pemerintah yang terbatas atas risiko sektor perbankan. Peringkat ini jelas akan menambah keyakinan investor dan stakeholder lainnya untuk berusaha di Indonesia.

Continue reading “Investment Review Kota Medan (Juli 2017)”

Ibadah Adalah Tentang Budaya

Mengapa umat manusia melakukan ibadah dan kenapa pula berbeda-beda tatacaranya? Ibadah merupakan bagian dari perilaku sosial.  Ibadah menjadi manifestasi kebutuhan jiwa manusia yang percaya bahwa ada kuasa yang lebih besar yang mengendalikan hidupnya dan seluruh alam semesta. Itulah sebabnya mengapa ritual ibadah sangat terkait dengan tradisi dan kebiasaan di kelompok manusia itu karena diekspresikan dengan apa yang mereka telah ciptakan turun-temurun yang kita sebut budaya.

Continue reading “Ibadah Adalah Tentang Budaya”

Hari Pertama Sekolah

Antar anak memasuki hari pertamanya ke sekolah. Para orang tua murid kelas satu ternyata banyak juga yang mengantar dan melihat proses belajar perdana itu. Kudengarlah sesama orang tua berbincang tentang usia anak mereka. Ada aroma bangga tercium merebak diantara percakapan ketika menyebut usia anaknya.
“Anakku, lima tahun tiga bulan.”
“Anakku, lima tahun delapan bulan.”
“Anakku, masuk TK dua tahun.”

Mental Kita

Pengendara : Pak, kenapa portal ini gak dibuka? Liat tuh jalan utama macet parah. Kan lumayan kalau portal ini dibuka, pengendara sebagian  bisa lewat sini. Banyak anak sekolah dan orang kantoran yang mengejar waktu setiap pagi gini.
Warga : Justru itu, Pak. Kalau kami buka nanti semua pada lewat sini. Kotor dan bising. Ini kan wilayah perumahan kami. Nanti kalau udah lewat jam 9 baru kami buka. Jalanan udah sepi.
Pengendara : ??@#% Pak, jalan depan rumah bapak ini emang siapa yang bangun? Nenek moyang lu???!!
Warga : Enggak, Pak. Pemerintah…

Tinjauan Investasi Kota Medan (Juni 2017)

Di akhir bulan Mei, Indonesia mendapat berita gembira dengan status investment grade atau layak investasi yang diberikan oleh tiga lembaga pemeringkat internasional, yaitu Standard & Poor’s (S&P), Moody’s, dan Fitch Ratings. Status ini terakhir kalinya diperoleh Indonesia dari S&P sebelum krisis ekonomi tahun 1998! Lembaga pemeringkat mempertimbangkan berbagai faktor dalam menentukan rating, seperti fundamental ekonomi, kondisi moneter dan keuangan, ketahanan fiskal, ketahanan eksternal, serta kemampuan institusional termasuk reformasi struktural. Perbaikan kondisi makro, fiskal dan moneter serta reformasi ekonomi, diyakini sebagai penilaian oleh lembaga-lembaga pemeringkat internasional itu.

Continue reading “Tinjauan Investasi Kota Medan (Juni 2017)”

Disentri Berujung Maut

21 Mei 2017 lalu seniman musik Leo Kristi yang sempat membentuk grup bersama Gombloh dan Franky Sahilatua itu meninggal dunia pada usia 67 tahun. Keluarga mengatakan bahwa sebelum berpulang, almarhum dirawat di rumah sakit karena menderita disentri amoeba atau radang usus yang disebabkan oleh bakteri entamoeba histolytica. Mula-mula Leo mengeluh diare dan tekanan darahnya turun drastis. Lalu keluarga membawanya ke rumah sakit. Setelah dirawat dua hari, kondisinya menurun, sehingga ia dipindah ke ruang ICU. Sempat membaik namun kembali lagi dirawat sekitar dua minggu tetapi kemudian memburuk dan masuk ICU hingga akhirnya meninggal dunia.

Continue reading “Disentri Berujung Maut”

Passion Bekerja

Seorang motivator bertanya, “Apakah Anda telah menemukan passion Anda dalam pekerjaan yg sekarang?”

Saya tertunduk, memejamkan mata dan pura-pura tidak mengerti sambil mengetuk-ngetuk paha dengan jemari…